02.49

KABEL STRAIGHT dan KABEL CROSS

Dalam pengkabelan jaringan komputer ada dua macam konfigurasi pengkabelan Bagi pecinta internet yang suka utak- atik piranti- pirantinya mungkin nggak asing sama istilah tersebut,,, lalu gimana yang belum tahu!!! Check this out!!! ^_^
PENGERTIAN KABEL STRAIGHT
Kabel straight adalah istilah untuk kabel yang menggunakan standar yang sama pada kedua ujung kabel nya, bisa EIA/TIA 568A atau EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabel. Sederhananya, urutan warna pada kedua ujung kabel sama. Pada kabel straight, pin 1 di salah satu ujung kabel terhubung ke pin 1 pada ujung lainnya, pin 2 terhubung ke pin 2 di ujung lainnya, dan seterusnya.
Jadi, ketika PC mengirim data pada pin 1 dan 2 lewat kabel straight ke switch, switch menerima data pada pin 1 dan 2. Nah, karena pin 1 dan 2 pada switch tidak akan digunakan untuk mengirim data sebagaimana halnya pin 1 dan 2 pada PC, maka switch
menggunakan pin 3 dan 6 untuk mengirim data ke PC, karena PC menerima data pada pin 3 dan 6.



LALU APA ITU KABEL CROSS ????
PENGERTIAN KABEL CROSS
Crossover atau yang biasa disebut cross adalah kabel yang menghubungkan 2 buah komputer secara langsung. Atau yang menghubungkan 2 buah HUB/Switch menggunakan port biasa diantara kedua HUB/Switch. menghubungkan komputer ke port uplink Switch. menghubungkan port LAN router ke port biasa di HUB/Switchpin 1 dan 2 di ujung A terhubung ke pin 3 dan 6 di ujung B, begitu pula pin 1 dan 2 di ujung B yang terhubung ke pin 3 dan 6 di ujung A. Jadi, pin 1 dan 2 pada setiap ujung kabel digunakan untuk mengirim data, sedangkan pin 3 dan 6 pada setiap ujung kabel digunakan untuk menerima data, karena pin 1 dan 2 saling terhubung secara berseberangan dengan pin 3 dan 6.
Untuk mengenali sebuah kabel apakah crossover ataupun straight adalah dengan hanya melihat salah satu ujung kabel. Jika urutan warna kabel pada pin 1 adalah Putih Hijau, maka kabel tersebut adalah kabel crossover (padahal jika ujung yang satunya lagi juga memiliki urutan warna yang sama yaitu Putih Hijau sebagai pin 1, maka kabel tersebut adalah kabel Straight). Tapi untungnya, kebanyakan kabel menggunakan standar EIA/TIA 568B pada kedua ujung kabelnya.

Apa siyyy perbedaan antara kabel Straight dan Cross????
PERBEDAAN KABEL JENIS CROSS DAN STRAIGHT

1.Kabel Straight

Kabel Straight digunakan pada saat ingin menghubungkan antara computer dan hub ataupun sebaliknya.Dengan kata lain metode ini digunakan ketika kita akan menghubungkan 2 komputer ataupun lebih,tapi melalui perantara seperti hub ataupun switch.

Susunan Kabel Straight adalah:


1.Putih Orange Menjadi 1.Putih Orange
2. Orange 2.Orange
3. Putih Hijau 3.Putih Hijau
4.Biru 4.Biru
5.Putih Biru 5.Putih Biru
6.Hijau 6.Hijau
7.Putih Cokelat 7.Putih Cokelat
8.Cokelat 8.Cokelat


2.Kabel Cross

Kabel cross digunakan pada saat kita mau menyambungkan computer ke computer laen,computer ke switch,atau kabel ini ini digunakan kalau kita mau menghubungkan 2 komputer atau lebih tanpa adanya perantara semisal hub ataupun switch.

Susunan kabel cross adalah:


1.Putih Hijau

2.Hijau
3.Putih Orange
4.Biru

5.Putih Biru
6.Orange

7.Putih Cokelat
8.Cokelat


Memang hal ini bagi sebagian orang adalah gampang,tapi jangan salah,bagi sebagian orang hal ini adalah sulit termasuk saya,he………
Inget kadang hal yang kecil itulah yang bisa membuat kita lupa.Jadi pesan saya jangan pernah menyepelekan suatu masalah.karena semua masalah baik itu kecil ataupun besar tetaplah masalah.
http://yokerapril.blogspot.com/2008/08/perbedaan-kabel-jenis-cross-dan.html

Bagaimana cara memasangnya ????
Alat alat yang butuhkan untuk membuat kabel cross dan kabel straight adalah

1. kabel UTP

2. Konektor RJ45

3.Tang cerimping

4. Gunting

5. LAN Tester


Berikut adalah diagram kabel straight dan cross


Kabel straight

Urutan Ujung A

1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

Urutan Ujung B

1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

Kegunaan:

1. Menghubungkan PC dengan HUB/Switch.

Kabel Cross
Urutan Ujung A

1. Putih Orange
2. Orange
3. Putih Hijau
4. Biru
5. Putih Biru
6. Hijau
7. Putih Coklat
8. Coklat

Urutan Ujung B

1. Putih Hijau
2. Hijau
3. Putih Orange
4. Putih Coklat
5. Coklat
6. Orange
7. Biru
8. Putih Biru

Kegunaan:

1. Menghubungkan PC ke PC langsung tanpa HUB/Switch.
2. Menghubungkan HUB/Swicth dengan HUB/Switch.

Kita akan coba membuat kabel straight, pertama kupas-lah pelindung luar kabel UTP lalu atur agar lurus kabel-kabel didalamnya. Urutkan posisinya berdasarkan diagram diatas. Potong ujung kabel dengan gunting agar rata. Masukkan kedalam konektor RJ-45 lalu di crimping dengan tang crimping. Ikuti caranya untuk ujung kedua sama dengan langkah pertama. Masukkan ujung kedua kabel kedalam LAN-tester lalu periksa, jika semua lampu 1-8 terhubung maka kabel ini sudah siap kita pakai.

Untuk kabel cross juga sama seperti langkah diatas, hanya bedanya harap perhatikan salah satu ujung yang berbeda. Adapun standard per-kabelan ini yang dijaminkan adalah kurang lebh 100 meter, diatas 100 meter kemungkinan akan mengalami loss.

Jika ada yang bertanya bagaimana membedakan kabel straight dan kabel cross? Sebenarnya mudah saja, perhatikan ujung dari kedua kabel tersebut lihat diagram-nya bila yang pertama adalah putih orange lalu kedua putih orange juga sudah pasti itu kabel straight, sedangkan kabel cross salah satu ujungnya dimulai dengan putih hijau.
http://www.wayangen.co.cc/2010/04/kabel-cross-dan-kabel-straight.html


Nah,, sekarang kita tahu khan apa itu kabel straight n kabel cross dan gimana cara memasangnya?!! Semoga bermanfaat

0 komentar: